Kenali Penyebab, Penyakit Hingga Solusi Susah BAB (Buang Air Besar) Pada Diri Anda

Memiliki masalah pencernaan memang kerap kali mendatangi siapa saja, pasalnya masalah pencernaan seseorang memang berbeda-beda. Mengapa begitu? Tentu saja ini dikarenangkan setiap orang berbeda-beda apa yang dimakannya, tentunya apa-apa yang kita konsumsi akan berakibat pada setiap keadaan dan kondisi kesehatan pada pencernaan kita. inilah mengapa banyak sekali perawatan dan peringatan pada kesehatan makanan yang bisa kita makan dan tidak kita makan agar kondisi kesehatan  pencernaan kita lancar.

Penyebab susah BAB (buang Air Besar) atau konstipasi adalah gangguan pencernaan yang umum dialami. Penyebabnya memang bukan hanya mengenai makanan saja, ada banyak alasan yang sebenarnya memungkinkan seseorang mengalami gangguan pada susah buang air besar, Namun paling sering biasanya diakibatkan makanan.

Gangguan pencernaan seseorang hingga susah buang air besar memang akan mengganggu kegiatan sehari-hari, lucunya lagi setiap keadaan kesehatan pencernaan ini seringkali dianggap sepele. Memang setiap gangguan susah BAB itu berbeda-beda, namun ketika sudah lebih dari 3 hari tidak melakukan Bab, itu sudah dikategorikan susah buang air besar dan menjadi masalah. Pada saat sudah lebih dari tiga hari keadaan tinja atau kotoran sudah lebih mengeras sehingga menjadi penyebab susah BAB (buang air besar) akan semakin parah.

 

Penyebab Susah BAB

Nah Anda tak bisa menganggap sepele gangguan pencernaan satu ini, karena bisa jadi Anda nantinya mengalami masalah pada pencernaan Anda bahkan mungkin hingga berujung kematian.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Ada banyak penyebab bahkan gejala yang menyebabkan gangguan pencernaan hingga menyebabkan susah BAB. Nah sebelum Anda mengetahui apa saja penyakit yang akan terjadi jika Anda terkena gangguan susah BAB, coba perhatikan di bawah ini penyebab susah BAB (buang air besar) yang sebebnarnya sepele dan mudah untuk dihindari.

  • Menuda-Nunda Buang Air Besar

Jika Anda termasuk yang malas buang air besar, maka harus lebih diperhatikan hal sepele seperti ini bahkan bisa menjadi awal mula susahnya buang air besar. Awalnya mungkin bisa saja hanya malas, apalagi jika Anda berada ditempat yang baru atau sedang berwisata dan keadaan kurang nyaman bagi diri Anda, biasanya ini menjadi alasan bagi Anda untuk tidak melakukan BAB.

Nah, namun harus Anda ketahui ini tidak bisa menjadi masalah yang ditunda-tunda, ketika Anda membiarkan diri Anda tidak membuang kotoran yang seharusnya dibuang, nantinya akan menjadi masalah bagi keadaan perut Anda, yang seharusnya bersih dan tidak menyimpan kotoran dalam perut Anda.

  • Gaya Hidup

Hal sepele lainnya adalah gaya hidup atau lifestyle, tahukah Anda alasannya? Paling sering adalah gaya hidup dalam makan atau mengkonsumsi berbagai makanan dan minumannya. Perut Anda bisa sehat jika makanan yang Anda makan juga sehat, namun jika Anda penyuka goregan, makanan instan, makanan bersantan, makanan pedas, minuman banyak gula, dan masih banyak lagi tentunya jika dikonsumsi berlebih akan sangat berakibat buruk pada pencernaan. Namun jika Anda seimbang dalam makanan dan minumannya, perbanyak mium air putih dan tidak lupa makan buah juga sayur keadaan kesehatan pencernaan Anda pasti akan lebih sehat dan tidak terkena gangguan.

  • Kehamilan

Ketika mengalami kehamilan akan ada gangguan pada pencernaan. Ini diakibatkan dari ketika Anda hamil, Anda akan banyak memproduksi sebuah hormon yang dinamakan hormon progesteron, yang akan membuat otot Anda kendur hingga membuat otot pada usus Anda susah untuk berkontraksi. Anda bisa menyembuhkan dengan cara memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, seperti banyak makanan tinggi serat, lalu carilah olahraga yang berkaitan dengan pencernaan, juga jangan biarkan pikiran Anda terganggu atau stres.

  • Stres Atau Pikiran

Keadaan pikiran yang terganggu oleh banyaknya pikiran, gangguan tidur, terlalu sibuk, akan menganggu keadaan sistem saraf otak yang membuat Anda menjadi kehilangan fokus, sehingga membuat pencernaan Anda terganggu. Anda mungkin jadi susah makan, tidak memikirkan kesehatan tubuh Anda sehingga Anda tidak lagi memperhatikan kerusakan pada sistem pencernaan tubuh Anda. Ketika itulah ini menjadi penyebab susah BAB (buang Air Besar) selanjutnya.

  • Keadaan Kesehatan Seseorang

Penyebab ini sebenarnya terkadang tidak disadari, namun biasanya terjadi akibat Anda memang sedang memiliki kondisi kesehatan yang menurun. Ketika Anda sedang mengalami iritasi pada bagian usus adalah yang paling sering menjadi penyebab Anda susah dalam buang air besar. Namun sering juga akibat penyebab penyakit lainnya karena ketika Anda sedang tidak sehat biasanya Anda menjadi sulit makan, tidak memperhatikan pola hidup Anda, lalu keadaan psikologis yang sedikit terganggu, membuat Anda jadi susah buang air besar.

Itu hanya 5 penyebab gangguan BAB yang paling sering terjadi pada kita, terkadang beberapa penyebab ini tidak kita sadari karena kesibukan kita, atau mungkin ketidak pedulian kita terhadap adanya gangguan dalam pencernaan. Padahal ada banyak sekali kasus gangguan pada pencernaan yang akan membuat diri Anda kehilangan kesehatan pada pencernaan Anda.

 

Beberapa Penyakit Pencernaan Akibat Susah BAB

Ada beberapa penyakit yang mungkin Anda alami ketika Anda mengalami gangguan susah BAB, jadi Anda harus lebih memperhatikan beberapa penyakit ini karena penyakitnya cukup berbahaya dan harus segera Anda periksakan segera kerumah sakit.

  • IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Ini adalah gangguan pencernaan pada usus, ketika Anda mengalami susah BAB maka ini akan mengakibatkan usus Anda bekerja dengan tidak baik. Usus besar yang tidak bisa menyerap air dengan baik mengakibatkan usu besar tidak bisa mendorong kotoran keluar. Nah di sinilah yang membuat usus Anda kotor dan menjadi masalah serius. Gejala lainnya selain susah bab, biasanya terjadi kembung, juga sakit perut yang berlebihan. Anda harus segera memeriksakan perut Anda.

  • Wasir Atau Ambeien

Sakit pada bagian tempat buang air besar atau anus akan sangat menggangu dan menjadikan diri Anda kesakitan. Namun alasan utamanya karena Anda sering menunda buang air besar sehingga ketika Anda membuang kotoran, Anda menjadi kesusahan dan menjadi sakit pada bagian anus. Inilah yang akan menjadi penumpukan kotoran yang akan membuat keadaan pencernaan Anda sakit dan mengalami kerusakan.

Sebenarnya ada banyak jenis penyakit penyebab susah BAB (buang air besar) hanya saja kedua penyakit ini adalah yang paling sering dianggap sepele dan dibiarkan hingga penyakitnya bertambah parah, beberapa penyakitnya bahkan membawa Anda pada kondisi kesehatan yang akan sangat menurun dan memiliki kesehatan yang tidak normal, ini mengapa Anda harus memperhatikan gangguan susah BAB yang terjadi pada diri Anda.

 

Cara Mengatasi Susah BAB

Solusi Menangani Susah BAB

Pencernaan memang bagian tubuh yang harus Anda rawat, perawatan yang dilakukan sebenarnya semuanya kembali pada pola hidup Anda. memperhatikan apa yang dikonsumsi, juga memperhatikan gaya hidup Anda baik dalam berfikir maupun melakukan kegiatan adalah penanganan sederhana yang bisa Anda lakukan dari sekarang. Penyebab susah BAB (buang air besar) bisa terjadi pada banyak kalangan, ini sebabnya Anda bisa mencegah dengan beberapa hal simpel berikut ini.

  • Makanan sehat seperti banyak sayur dan buah akan membawa Anda pada kondisi yang sehat dan tidak mudah terkena penyakit, pentingnya Konsumsi 25% serat pada makanan, juga minuman Anda akan memerlancar pencernaan. Tinggi serat bisa terdapat ada kacang-kacangan juga.
  • Banyak minum air putih adalah solusi paling mudah, karena Anda memang tak bisa kekurangan cairan. Ketika Anda kekurangan cairan tubuh inilah yang membuat usus kering dan rusak.
  • Perbanyak olahraga, jangan hanya diam dan membiarkan tubuh tidak bergerak, di sinilah kerja usus dan tubuh Anda menjadi lambat. Perbanyak gerak tubuh Anda lalu lakukan secara rutin, tidak usah olahraga berat, Anda hanya harus memastikan bahwa tubuh Anda banyak bergerak setidaknya 15 menit.

Itulah beberapa solusi simpel yang bisa Anda lakukan setiap saat, terapkan juga solusi ini pada anak-anak Anda. Karena penyebab susah BAB (buang air besar) ternyata sangat sepele sehingga gangguan susah BAB atau konstipasi bisa terjadi dan tak mengenal usia. Merawat tubuh itu harus dilakukan siapa saja, agar terjadi hidup yang lebih baik, maka harus ada gaya hidup sehat didalamnya. Kesehatan tubuh bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan jika Anda secara rutin memperhatikan pola hidup Anda, daripada banyak membiarkan kesehatan Anda, bahkan banyak mengeluh, ini akan membuat kesehatan tubuh Anda menurun dan berakibat gangguan pada kesehatan diri Anda.

Leave a Comment