Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis Saat Berjauhan

Sebagai pasangan suami istri memang umumnya selalu dekat secara fisik dan tinggal dalam satu rumah. Tetapi terkadang karena tuntutan pekerjaan, pendidikan atau hal lain harus tinggal berjauhan. Tidak hanya berbeda kota tetapi mungkin saja berbeda negara. Meskipun berjauhan secara fisik harus dapat sebisa mungkin menjaga hubungan suami istri tetap harmonis.

Menjalani pernikahan yang harus berjauhan fisik jelas tidak mudah. Biasanya yang menjadi kendala utama adalah komunikasi. Tetapi di era yang modern ini komunikasi mestinya tidak menjadi hambatan bagi pasangan suami istri yang berjauhan.

 

Menjaga Hubungan Suami Istri

 

Permasalahan Suami Istri Yang Tinggal Berjauhan

Setelah menikah biasanya akan berharap untuk dapat selalu hidup bersama dengan pasangan. Tetapi tidak semua rumah tangga dapat berjalan dengan semestinya dan harus rela untuk hidup berjauhan dengan pasangannya. Memang rasanya tidak enak dan harus dijalani untuk memperoleh masa depan lebih baik. Berbagai masalah mungkin dapat timbul akibat keadaan ini. Menjaga hubungan suami istri tetap harmonis harus dilakukan untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga.

Berikut ini beberapa masalah yang mungkin dapat timbul akibat pasangan suami istri tinggal berjauhan.

  1. Komunikasi

Komunikasi menjadi hal yang utama dan paling penting dalam sebuah hubungan. Begitu pula dengan hubungan yang terpisah jarak pasti membutuhkan komunikasi lebih intens. Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik maka dapat melakukan komunikasi menggunakan teknologi digital seperti WA, telepon, SMS, chatting hingga video call. Tetapi bagi beberapa pasangan mungkin komunikasi model ini kurang memuaskan.

  1. Biaya

Tentu saja biaya yang harus dikeluarkan bagi pasangan berjauhan fisik akan lebih banyak daripada pasangan yang tinggal serumah. Tidak hanya biaya untuk makan saja yang lebih besar tetapi juga biaya untuk berkomunikasi. Belum lagi biaya transportasi yang harus dikeluarkan jika setiap minggu atau setiap bulan pulang dan bertemu pasangan.

  1. Kepercayaan

Kepercayaan kepada pasangan mutlak harus diberikan jika harus tinggal berjauhan. Dengan berjauhan fisik maka otomatis pasangan tidak dapat bertemu setiap hari sehingga tidak dapat mengontrol kegiatan pasangannya. Jika pasangan suami istri harus tinggal berjauhan maka harus memberikan kepercayaan penuh pada pasangannya.

  1. Adaptasi

Salah satu pasangan yang harus berjauhan di luar pulau atau luar negeri harus mau beradaptasi dengan kehidupan baru. Kebiasaan ini mungkin akan terbawa pada saat berkumpul dengan pasangan kembali. Anda pasti tidak akan mengira bahwa hal ini dapat menjadi masalah dan menjadi konflik apalagi jika tidak sejalan.

  1. Perselingkuhan

Masalah perselingkuhan menjadi sesuatu yang paling ditakutkan oleh pasangan berjauhan fisik. Alasan kesepian menjadi sangat rentan terhadap perselingkuhan. Oleh karena itu masing-masing pasangan harus mampu menjaga komitmen hubungan pernikahan agar tidak jatuh ke dalam jurang perselingkuhan. Untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis maka harus dan wajib menghindari perselingkuhan.

  1. Anak

Jika pasangan sudah dikaruniai anak maka bisa jadi menjadi pemicu permasalahan bagi pasangan yang berjauhan. Jika pasangan yang serumah dapat melakukan pengasuhan anak secara bersama-sama maka lain halnya saat harus berjauhan. Bisa jadi istri akan menjadi kelelahan mengasuh anak sendiri apalagi pasangan dengan anak banyak.

 

Keluarga Bahagia

 

Menjaga Hubungan Romantis Pasangan yang Berjauhan

Harus hidup berjauhan dengan pasangan dan tidak tinggal serumah memang rentan terhadap berbagai permasalahan. Tetapi bukan berarti hubungan yang harmonis tidak dapat diperoleh bagi pasangan berjauhan fisik.

Lalu, bagaimana agar hubungan romantis tetap terjaga meskipun harus tinggal berjauhan? Berikut ini cara menjaga hubungan romantis suami istri tetap harmonis meskipun tinggal berjauhan.

  1. Menjaga Komunikasi

Memiliki hubungan jarak jauh dengan pasangan sudah pasti harus bisa menjaga komunikasi dengan baik. Di jaman yang digital ini akan sangat mudah untuk melakukan komunikasi meskipun berada di tempat sangat jauh. Bahkan bertatap muka melalui video call juga dapat dilakukan dengan mudah. Usahakan agar tidak putus komunikasi. Lakukan komunikasi yang berkualitas agar pasangan merasakan kehadiran Anda dan tidak bosan.

  1. Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan menjadi kunci sangat penting dalam suatu hubungan. Baik hubungan yang berdekatan maupun hubungan jarak jauh. Masing-masing pasangan harus percaya dengan kesetiaan pasangannya dan menjaga kepercayaan. Kepercayaan terhadap pasangan dapat menjaga hubungan suami istri tetap harmonis.

  1. Menjaga Pikiran Positif Dan Menghindari Pikiran Negatif

Suami istri yang berjauhan harus menjaga agar selalu memiliki pikiran positif terhadap pasangannya. Yakinkan diri bahwa pasangan baik-baik saja dan tidak melakukan hal-hal yang tidak semestinya. Jangan pernah memelihara pikiran yang negatif terhadap pasangan apalagi pasangan berjauhan. Pikiran yang negatif hanya akan menyulut pertengkaran demi pertengkaran dan berakhir pada perpisahan.

  1. Menjaga Kejujuran

Setiap pasangan yang telah menikah harus saling menjaga kejujuran. Pada saat berkomunikasi selalu ungkapkan kejujuran satu sama lain. Ceritakan apa saja tanpa menutup-nutupi segala sesuatunya. Akan lebih baik untuk selalu jujur di awal daripada berbohong dan terkuak di akhirnya.

  1. Berikan Perhatian Kepada Pasangan

Pasangan yang berjauhan bukan berarti tidak dapat memberikan perhatian sepenuhnya. Memang tidak dapat memberikan perhatian secara fisik tetapi berikan perhatian dalam segala hal sekecil apapun. Misalnya menanyakan aktifitas selama seharian ini atau memberikan ucapan selamat malam sebelum tidur. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah memberikan ucapan pada saat hari ulang tahun maupun ulang tahun pernikahan. Dapat juga mengirimkan hadiah untuk memberikan kejutan.

  1. Hindari Pertengkaran Dan Perselisihan

Pertengkaran yang terjadi pada suatu hubungan rumah tangga dapat menjadi bumbu pemanis. Tetapi pertengkaran dan perselisihan yang terlalu sering justru dapat memicu perpisahan. Jika Anda dan pasangan menjalani hubungan berjauhan sebaiknya menghindari pertengkaran. Selesaikan perselisihan yang terjadi dengan cepat agar tidak berlarut-larut. Akan sangat tidak menyenangkan jika pada waktunya berkumpul dengan pasangan malah membahas perselisihan.

  1. Saling Mendoakan Pasangan

Suami istri yang terpisah jarak dapat saling mendoakan pasangannya agar selalu dilindungi dan dapat menjaga kepercayaan. Doakan agar pengorbanan yang telah dilakukan memberikan keberkahan dan masa depan lebih baik. Selalu berdoa untuk keutuhan rumah tangga dan tetap harmonis.

Menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan yang telah berumah tangga memang tidak mudah. Tetapi bukan berarti tidak dapat romantis terhadap pasangannya. Melakukan Long Distance Relationship atau LDR dapat memiliki masalah yang lebih kompleks daripada hubungan berdekatan secara fisik. Jaga kunci-kunci yang dapat menjaga agar hubungan tetap dapat berjalan dengan baik. Hindari hal-hal yang dapat menjauhkan dari pasangan.

Cukup banyak rumah tangga yang tetap baik-baik saja saat harus menjalani hubungan jarak jauh. Bahkan pasangan jarak jauh tersebut dapat menjaga keromantisan terhadap pasangannya. Tidak perlu merasa khawatir yang berlebih karena dapat menimbulkan pikiran negatif. Jika telah memiliki buah hati dapat menjadi pengikat hubungan di dalam sebuah rumah tangga.

Menjaga hubungan suami istri tetap harmonis saat berjauhan harus selalu diusahakan. Bersabar dan ikhlas menjalani hubungan model ini dapat membuat hati menjadi lebih baik. Jaga keromantisan terhadap pasangan selama berhubungan jarak jauh agar rumah tangga tetap langgeng.

Leave a Comment