Kenapa Timbul Bahaya Susah BAB (Buang Air Besar)?  Kenali Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

BAB atau buang air besar sangatlah penting dilakukan. Aktivitas satu ini akan membantu Anda mengeluarkan zat sisa makanan dan bahkan racun dari dalam tubuh Anda. Jika tiba-tiba Anda susah melakukan hal ini, maka Anda akan mengalami sejumlah bahaya susah BAB (Buang Air Besar).

Seperti Apa Pola BAB Yang Ideal?

Idealnya, BAB atau Buang Air Besar dilakukan sebanyak kurang dari tiga kali sehari. BAB yang ideal biasnya tidak akan menimbulkan sakit, terutama saat seseorang hendak mengeluarkan feses atau kotoran dari perutnya.

Dari segi tekstur, feses atau kotoran yang keluar dari pola BAB yang ideal biasanya berbentuk padat memanjang. Warnanya sendiri agak kekuningan dengan beberapa sisinya yang agak kehitaman.

Bila di kemudian hari tiba-tiba Anda merasa sakit saat BAB, dan feses sulit dikeluarkan, maka Anda sedang dalam bahaya. Sebab, tanda-tanda tersebut menunjukan kalau Anda sedang mengalami susah BAB.

 

Bahaya Susah BAB
Bahaya Susah BAB

Apa Sih Penyebab Susah BAB?

Susah BAB tidak terjadi begitu saja. Setidaknya, ada beberapa penyebab mengapa penyakit satu ini bisa menimpa seseorang. Dilansir dari laman Alodokter, setidaknya ada 6 penyebab mengapa seseorang tidak bisa BAB. Adapun 3 di antaranya adalah:

  • Gaya Hidup

Sebab terjadinya susah BAB yang pertama adalah BAB. Ada beberapa gaya hidup yang bisa membuat seseorang susah untuk BAB. Pola makan yang kurang sehat, dan malas berolahraga adalah beberapa di antaranya.

Khusus untuk pola makan, ada beberapa contoh pola makan kurang sehat, yang menyebabkan orang susah BAB. Kurang makan asupan serat dan cairan; makan terlalu banyak; pengonsumsian olahan susu yang berlebihan adalah beberapa di antaranya.

  • Menunda BAB

Ini adalah salah satu penyebab yang paling sering dialami seseorang, saat mengalami susah BAB. Seringkali, orang-orang memang suka menahan BAB karean berbagai sebab, seperti sedang ada di perjalanan, merasa tidak cocok dengan toilet yang ada, dan berbagai sebab lainnya.

Padahal, hal ini sangattlah berbahaya. Menahann BAB akan membuat kotoran akan tertahan di perut kita. Selain membuat susah BAB di kemudian hari, hal ini juga akan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan lainnya.

  • Obat-Obatan

Ada beberapa obat-oabatan yang bisa membuat seseorang susah BAB. Misalnya, suplemen kalsium, obat antidepresan, dan berbagai jenis obat narkotika. Obat-obatan ini jika dikonsumsi (apalagi sampai berlebihan), akan membuat pengonsumsinya mengalami sejumlah gangguan. Salah satunya tentu saja gangguan susah BAB.

  • Masalah Psikis

Masalah psikis seperti stres dan depresi sering menjadi sebab suatu penyakit. Susah BAB menjadi salah satunya. Faktor satu ini seringkali membuat seseorang tegang atau cemas, yang terkadang akan membuatnya sulit untuk melakukan BAB?

 

Bahaya Susah Buang Air Besar

 

Berbagai Macam Bahaya Susah BAB (Buang Air Besar)

Menurut situs Hello Sehat, ada sejumlah bahaya susah BAB (Buang Air Besar) yang akan dirasakan oleh penderitanya. Adapun sejumlah bahaya terrsebut adalah:

  1. Feses Mengeras

Feses adalah zat yang kita keluarkan saat BAB. Feses sendiri mengandung sekitar 75 persen air yang tercampur dari berbagai unsur, seperti protein, bakteri, sisa makanan yang sukar dicerna, sel-sel mati, lemak, garam, dan juga lendir.

Apabila tidak dikeluarkan saat BAB, maka feses akan mengering dan mengeras dalam tubuh, serta beberapa zat di dalamnya akan diserap oleh tubuh kita. feses yang mengeras tersebut nantinya akan susah untuk dikeluarkan. Akibatnya, Anda akan merasakan sakit perut yang hebat, gelisah, dan kehilangan nafsu makan.

  1. Melambatnya Pergerakan Usus

Ini adalah bahaya susah BAB (Buang Air Besar) yang muncul setelah bahaya sebelumnya. Saat feses mengeras—terutama saat di dalam usus, maka pergerakan usus jadi kian melambat. Padahal, usus merupakan salah satu organ pencernaan yang cukup vital peranannya. Selain sebagai organ pengolah makanan yang kita konsumsi, usus juga berperan terhadap hadirnya cairan dan lender pada feses kita.

Jika sampai feses tertahan di usus, maka akan terjadi penggumpalan di usus, di mana feses yang tertahan tersebut akan bercampur dengan cairan dan lender yang dihasilkan oleh usus. Penggumpalan tersebut nantinya akan membuat usus melambat, dan membuat feses tersebut susah untuk dikeluarkan.

Jika hal di atas Anda biarkan begitu saja, maka usus Anda (utamanya usus besar) akan semakin membengkak, dan akhirnya akan mengalami luka-luka atau bahkan tersobek.

  1. Infeksi Bakteri

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalau feses mengandung berbagai macam zat. Dan salah satu zat tersebut adalah bakteri. Apabila feses tertahan di dalam tubuh Anda, nantinya bakteri tersebut akan terserap oleh usus, dan bahkan organ tubuh lainnya.

Dampaknya, usus Anda akan mengalami infeksi bakteri. Jika ini terjadi dan dibiarkan saja, maka lambat laun usus Anda akan mengalami peradangan, dan isa menimbulkan bahaya yang mengancam kesehatan Anda.

 

Cara Mengatasi Susah BAB

Supaya Anda terhindari dari bahaya susah BAB (Buang Ir Besar) di atas, maka Anda harus melakukan sejumlah langkah pencegahan. Dilansi dari laman Alodokter, setidaknya ada beberapa cara yang dipakai, agar Anda dapat mengatasi susah BAB. Cara-cara tersebut adalah:

  • Saat hasrat BAB tiba, jangan sekali-kali Anda tahan. Segeralah cari toilet terdekat, dan lakukanlah BAB.
  • Cukupilah kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrai, dan melunakkan tekstur feses Anda.
  • Perbanyaklah mengonsumsi serat sebanyak 18 hingga 30 gram perhari. Adapun serat sendiri bisa Anda dapat dari buah-buahan, sayur-sayuran, ataupun sereal.
  • Perbanyaklah aktivitas fisik, seperti: berjalan kaki selama 15 menit, berlali, dan sebagainya. Usahakanlah agar aktivitas fisik tersebut dilakukan secara rutin dan konsisten.
  • Kurangilah dan bahkan berhentilah mengonsumsi obat-obatan yang membuat Anda susah BAB. Misalnya, suplemen kalsium, obat antidepresan, serta berbagai macam obat narkotika.
  • Bila susah BAB justru dialami anak Anda, maka berilah mereka buah-buahan da probiotik. Hal itu dilakukan agar proses BAB mereka bisa lancar kembali. Adapun beberapa rekomendasi buah-buahan yang bisa diberikan adalah: apel, stroberi, anggur, dan juga pir.
  • Lakukanlah rutinitas BAB di toilet secara rutin. Pastikanlah Anda melakukan hal ini di toilet yang membuat Anda nyaman. Misalnya: toilet rumah atau toilet kantor. Pastikanlah pula kalau rutinitas ini dilakukan di waktu yang telah Anda tentukan. Cara ini tak hanya berlaku untuk Anda, tapi juga untuk anak Anda, bila nanti mereka mengalami susah BAB.
  • Bila nanti Anda BAB di toilet duduk, usahakanlah agar Anda membawa bangku rendah. Bangku tersebut nantinya akan Anda pakai sebagai pijakan, yang nantinya akan membuat posisi lutut Anda lebih tinggi dari posisi pinggang. Posisi tersebut diyakini dapat membuat kotoran lebih mudah keluar.

Dengan melakukan sejumlah cara di atas, diharapkan Anda (dan mungkin anak Anda) bisa BAB lebih lancar. Dengan begitu, Anda dan anak Anda pun bisa terbebas dari bahaya susah BAB (Buang Air Besar).

Bila sejumlah cara di atas telah dilakukan dan hasilnya belum maksimal, maka sebaiknya Anda langsung berkonsultasi kepada dokter. Nantinya, dokter akan memberi saran terkait terapi apa yang harus Anda lakukan, dan mungkin obat apa yang harus Anda konsumsi nanti. Sehingga Anda pun bisa terbebas dari bahaya susah BAB (Buang Air Besar).

Leave a Comment