Kenali Bahaya Perut Buncit, Mulai dari Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Bagi sebagian awam, perut buncit sering dimaknai sebagai hal positif. Perut buncit sering ditandai bahwa orang tersebut sedang dalam taraf kemakmuran ataupun sukses. Padahal, perut buncit mengandung bahaya di dalamnya. Dan bahaya perut buncit sendiri sebaiknya jangan Anda remehkan begitu saja.

Perut buncit sendiri termasuk ke dalam golongan obesitas sentral. Menurut Sekretaris Indonesia Nutritional Association (INA) yang dilansir Liputan 6, obesitas sentral merupakan obesitas yang terhitung berbahaya. Pasalnya, obesitas ini akan menyebabkan lemak yang ada di perut masuk ke organ hati. Lemak tersebut nantinya akan menjadi kolesterol yang tentu membahayakan hati.

Perut Buncit
Perut Buncit

Penyebab Perut Buncit

Menurut laman Alodokter, penyebab dari perut buncit sama halnya seperti penyebab obesitas pada umumnya. Adapun penyebab yang dimaksud tak lain adalah asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas.

Saat Anda mengonsumsi makanan terlalu banyak (apalagi makanannya mengandung gula tinggi dan kolesterol), maka perut Anda secara berangsur akan membesar dan bergelambir oleh timbunan lemak. Akan lebih parah lagi, jika Anda jarang melakukan olahraga.

Ada dua jenis lemak yang ada di perut. Pertama, lemak subkutan yang ada di bawah kulit. Dan yang kedua, lemak viseral yang ada di sekitar organ dalam tubuh dan tak terlihat bentuknya. Menurut laman Alodokter, lemak visceral adalah lemak yang paling berbahaya, serta menjadi pemicu terjadinya perut buncit.

Selain penyebab di atas, masih ada beberapa penyebab mengapa perut bisa membuncit. Riwayat obesitas turun temurun, kurang tidur, stres, dan kebiasaan mengonsumsi alkohol adalah beberapa di antaranya. Khusus untuk wanita, usia tua dan hormon tubuh yang tak seimbang bisa menjadi sebab mengapa mereka mengalami perut buncit.

Indikator Perut Buncit yang Membahayakan

Sebetulnya, perut yang membuncit tidaklah berbahaya, selama ukuran lingkar pinggangnya masih ideal. Akan sangat membahayakan, bila perut Anda yang membuncit tersebut membuat ukuran lingkar berada di atas ukuran ideal.

Seorang pria dinyatakan mengalami perut buncit yang berbahaya, jika lingkar pinggangnya melebihi 102 cm. Sementara itu, seorang perempuan dinyatakan mengalami perut buncit berbahaya, apabila lingkar pinggangnya sudah berada di atas 89 cm.

Selain mengukur lingkar pinggang, ada satu indikator lainnya yang menyatakan kalau perut buncit Anda berbahaya. Indikator tersebut adalah Indeks Massa Tubuh (IMT). Bila IMT Anda mencapai angka 25, maka Anda harus berhati-hati. Pasalnya, itu adalah tanda kalau perut buncit Anda akan membahayakan diri Anda sendiri.

Bahaya Perut Buncit Yang Akan Mengintai Anda

Ada sejumlah bahaya yang akan mengintai, bila perut Anda membuncit dengan ukuran di atas normal. Salah satunya adalah peradangan. Peradangan sendiri disebabkan oleh kumpulan lemak yang ada di perut Anda. Lemak tersebut nantinya akan mengeluarkan senyawa sitokin yang dapat sejumlah organ tubuh terganggu dan mengalami peradangan.

Bila hal itu dibiarkan, maka rubuh Anda akan mengalami sejumlah risiko kesehatan. Misalnya: jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Bahkan, menurut para peneliti (yang dilansir dari Alodokter), senyawa tersebut juga dapat menyebabkan sejumlah penyakit kanker, seperti kanker usus besar, kerongkongan, dan pankreas.

Selain dampak di atas, perut buncit juga berpengaruh terhadap produksi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol buruk akan meningkat. Dan sebaliknya, kolesterol baik justru akan menurun tingkat produksinya.

Tak sampai di situ, lemak berlebih pada perut buncit juga akan menyebabkan insulin di tubuh kurang berfungsi secara efektif. Insulin sendiri sangat penting untuk mengendalikan kadar gula di tubuh. Bila insulin gagal mengendalikan hal tersebut, maka tubuh bisa berisiko terkena searangan diabetes.

Masih ada beberapa bahaya perut buncit lainnya yang akan mengintai tubuh Anda, seperti gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, dan risiko kematian dini.

 

Cara Mengatasi Perut Bucnit
Cara Mengatasi Perut Bucnit

Cara Mengatasi Perut Buncit

Agar sejumlah bahaya perut buncit di atas tak Anda alami, alangkah lebih baiknya kalau Anda berupaya mengecilkan perut buncit yang ada miliki. Di bawah ini, ada sejumlah cara agar Anda bisa mengecilkan perut Anda. Adapun cara-cara tersebut adalah:

  • Melakukan Olahraga

Ada sejumlah olahraga yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah sit up. Bisa dikatakan, kalau olahraga ini mudah dilakukan dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Selain olahraga tersebut, Anda juga bisa melakukan olahraga lainnya. Misalnya: latihan angkat berat, lari, berjalan kaki, ataupun yoga. Lakukanlah olahraga-olahraga tersebut dengan kuantitas yang tidak terlalu banyak, namun rutin dilakukan tiap harinya.

  • Menjaga Makanan Yang Anda Konsumsi

Melakukan olahraga akan sia-sia, kalau Anda tidak menjaga makanan yang Anda konsumsi. Oleh karenanya, Anda harus berusaha menjaga apa yang Anda makan, di samping tetap melakukan olahraga.

Usahakan makanan yang Anda makan tak terlalu banyak mengandung lemak. Usahakan pula untuk memperbanyak makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta susu dan protein rendah lemak.

Perhatikan pula kadar kalori dalam makanan yang Anda makan. Untuk masalah satu ini, Anda disarankan untuk mengurangi kadar kalori makanan Anda sebanyak 500 – 1.000 kalro perhatinya.

  • Mengurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, kalau meminum minuman beralkohol adalah salah satu penyebab membuncitnya perut Anda. Supaya tidak mengalami bahaya perut buncit, Anda sebaiknya mengurangi mengonsumsi minuman satu ini. bila perlu, Anda harus tidak meminum minuman ini sama sekali. Selain membuat perut buncit, minuman ini juga sangat membahayakan kesehatan Anda, terutama dalam jangka panjang.

  • Mengatasi Stres Yang Dialami

Selain minuman beralkohol, stres juga menjadi sebab lainnya, yang membuat perut seseorang membuncit. Hal itu dikarenakan, stres akan memicu diri kita untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Nantinya, makanan-makanan tersebut akan memicu perut Anda membuncit, dan membuat Anda berpotensi serangan bahaya perut buncit,

Maka dari itulah, mengapa cara ini harus Anda lakukan. Ada beberapa cara supaya Anda bisa mengatasi stres yang Anda alami. Misalnya: relaksasi, curhat kepada orang terdekat, dan lain sebagainya.

  • Tidur Yang Cukup

Tidur dalam durasi waktu yang kurang ternyata dapat memicu membuncitnya perut. Hal itu disebabkan karena kadar tidur yang kurang membuat tubuh kita nafsu makan kita meningkat. Ini sesuai dengan temuan sejumlah penelitian yang menyatakan, kalau kurang tidur dapat memengaruhi berat badan seseorang.

Oleh karenanya, mulai saat ini, usahakanlah agar Anda tidur dengan durasi waktu yang cukup. Adapun durasi tidur yang ideal perharinya (terkhusus untuk orang dewasa), adalah selama 7 sampai 8 jam.

Selain sejumlah cara di atas, ada satu cara lainnya yang patut Anda lakukan, terutama agar terhindar dari bahaya perut buncit. Cara tersebut adalah berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi.

Konsultasikanlah kepada mereka mengenai gaya hidup seperti apa yang harus Anda terapkan, serta pola makan seperti apa yang wajib Anda terapkan.

Dengan begitu, ukuran perut Anda dapat mengecil, serta dapat terhindar dari bahaya perut buncit. Selain itu, tubuh Anda akan lebih sehat, serta berat badan Anda menjadi lebih ideal.

Leave a Comment